Halo.. Kali ini kita akan membahas tentang resep masakan khas indonesia.. yakni.. “Martabak Telor” hmm. siapa sih yang gasuka sama makanan yang satu ini.. martabak juga bisa lho.. jadi bahan pdkt sama calon mertua kamu hehe.. 🙂 apalagi buatan sendiri malah jadi nambah nilai plus deh biar dijadiin mantu hahaha 🙂 okedeh langsung aja ini dia resepnya!…

Cara Membuat Kulit Martabak Telor & Bahan-Bahan Yang Diperlukan.

nah untuk membuat martabak telor yang khas indonesia banget, kita perlu membuat kulitnya terlebih dahulu..

Bahan :

  • Tepung terigu favorit kamu
  • Garam sdt
  • Air putih 150 ml
  • Minyak goreng 50 g
  • Telur ayam 1 butir, kocok lepas

Cara Membuat :

  • Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu dan garam
  • Aduk hingga tepung dan garam rata
  • Masukkan telur lalu aduk lagi hingga rata
  • Lalu tuangkan air sedikit-sedikit sambil mengaduk hingga adonan menjadi kalis
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian sama persis lalu bentuk menjadi bulat
  • Olesi bagian luar adonan dengan minyak goreng lalu diamkan selama 15 menit
  • nahh.. adonan siap untuk dijadikan kulit martabak telor!.

Cara Membuat Isi Martabak Telor & Bahan-bahan Yang Diperlukan.

Sekarang kita akan membuat isi dari masakan khas indonesia ini! kalau membuat isi ini harap perhatikan dengan seksama.. karena jika isinya ga sesuai, bisa-bisa martabak telor yang kamu buat malah jadi ga enak 🙁 … perhatikan baik-baik yaa!..

Bahan :

  • Daging Sapi, yang sudah digiling atau dicincang.. agar lebih enak sih menggunakan daging rendang yang sudah dicincang..
  • Daun bawang 5 batang, potong halus
  • Bawang putih 4 siung, potong halus
  • Bawang merah 8 buah, potong halus
  • Bawang bombay 1 buah, potong halus
  • Lada bubuk, 1 sdt
  • Minyak 4 sdm

Cara Membuat :

  • Panaskan penggorengan yang sudah ada minyak goreng dengan api sedang
  • Masukkan bawang merah, bawang bombay, bawang putih. Tumis hingga harum
  • Masukkan daging cincang/giling/rendang. Tumis hingga rata dan hingga daging matang
  • lalu masukkan daun bawang dan lada bubuk, tumis hingga rata dan matang
  • sisihkan dan masukkan ke wadah

Cara Membuat Martabak Telor Khas Indonesia

okee! kulitnya udah ada.. isinya juga sudah… nahh sekarang kita sudah siap untuk bikin Martabak Telor Khas Indonesia !.. perhatikan dengan seksama yaa agar masakannya ga gosong hehe.. 🙂

Bahan :

  • Kulit Martabak Telor yang sudah dibuat
  • Isi Martabak Telor yang sudah siap
  • Minyak Goreng 4 sdm atau secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Telor ayam 4 butir atau bisa juga menggunakan Telor bebek agar rasanya lebih gurih, kocok di satu wadah.

Cara Membuat :

  • Ambil satu adonan kulit yang tadi sudah siap dihidangkan, kemudian tekan dengan telapak tangan, dan bentuk adonan hingga melebar dan agak tipis.
  • lalu pegang kedua ujung adonan lalu dengan gerakan memutar keatas, banting adonan hingga melebar dengan hati-hati agar adonan tidak robek..
  • ambil 2 butir telor yang sudah dikocok lalu beri garam, kocok hingga tercampur rata.
  • masukkan isi martabak telor yang sudah siap tadi kedalam wadah telor dan garam tadi, kocok hingga rata
  • panaskan minyak goreng dengan api kecil, sebaiknya wajan yang digunakan memiliki diameter yang luas.
  • ambil kulit yang sudah dilebarkan. masukkan secara perlahan ke dalam penggorengan agar tidak robek.
  • lalu masukkan isi martabak dan telor yang sudah diaduk rata tadi ketengah kulit martabak.
  • lipat ke empat sisi martabak dengan hati-hati, kalau kamu takut terkena percikan minyak panas, kecilkan api.
  • setelah dilipat, goreng dengan api sedang sembari menyiram bagian atas martabak telor dengan minyak goreng, agar kulit martabak telor tertutup dengan sempurna dan mendapatkan kulit yang crispy atau renyah.
  • lalu goreng martabak telor dengan dibolak-balik sampai berwarna kecoklatan
  • kemudian jika sudah matang, sisihkan martabak telor, lalu potong sesuai keinginan kamu.
  • masakan khas indonesia! martabak telor siap disajikan! 🙂

untuk kamu yang belum berpengalaman didapur sebaiknya meminta bantuan yang sudah berpengalaman yaa! soalnya di dapur banyak menggunakan alat-alat yang bisa melukai kamu! seperti saat memotong bahan-bahan dan menggoreng… ingat! safety first! 🙂 ..

ohyaa! begitu saja pembahasan kita kali ini tentang masakan khas indonesia yang satu ini! yakni Martabak Telor! hmm… buat kamu yang pengen menghidangkan martabak yang kamu buat untuk mertua kamu.. aku doain deh supaya cepet bisa jadi mantu.. ups.. hahaha 🙂 btw terima kasih ya sudah mengunjungi artikel ini.. jangan lupa lihat juga artikel menarik lainnya hanya di Elmierdero

Categories: Cooking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *